Faktor Penyebab Stress

Faktor Penyebab Stress – Stress merupakan suatu kondisi yang dinamis dimana saat seseorang merasa tertekan dengan masalah tuntunan hidup, pekerjaan, himpitan ekonomi, masalah sosial dsb. Stress tidak pernah mengenal usia. stress dapat dialami oleh siapa saja tanpa terkecuali.

Stress merupakan bagian dari masalah jiwa yang melebihi kemampuan maksimum dari jiwa itu sendiri, sehingga terkadang stress membuat emosi dan jiwa seseorang kurang terkendali secara sehat.

Stress juga dapat timbul dari berbagai aspek Faktor Penyebab Stress, yakni :

  1. Faktor lingkungan

Faktor lingkungan sekitar baik di tempat bekerja maupun rumah juga dapat memberi peluang dari timbulnya stress. Misalnya di kantor diliputi dengan pekerjaan yang menumpuk, kegiatan organisasi, lingkungan bekerja yang kurang nyaman membuat anda terasa stress dan merasa tidak nyaman. Lingkungan rumah yang tidak nyaman, bising, dsb.

  1. Faktor organisasi

Banyak Faktor Penyebab Stress di dalam organisasi yang dapat menyebabkan stress. Tekanan untuk segera menyelesaikan suatu pekerjaan diluar kendali dan kemampuan dengan beban pekerjaan yang berlebihan.

  1. Faktor pribadi

Faktor Penyebab Stress karena pribadi menjadi faktor utama dari banyaknya penyebab stress yang terjadi. Masalah pribadi seperti masalah keluarga, ekonomi, sosial, karakter dan sifat pribadi yang dimiliki. Keadaan himpitan ekonomi yang tidak sesuai dengan penghasilan menuntun seseorang untuk keras dan gigih dalam mencari penghasilan tambahan, konflik keluarga dsb.

Akibat dari stress yang berkepanjangan ditambah faktor stress yang seperti disebutkan diatas membuat tampilan diri seseroang menjadi tidak menentu, cepat mengalami perubahan baik dalam segi perilaku, segi fisiologis dan psikologis. Orang yang mudah sekali mengalami stress memiliki perasaan yang sangat sensitif, bahkan terkadang merubah menjadi seseorang yang tempramental.

Cara menghilangkan stress yang tepat adalah dengan mengonsumsi makanan yang baik. Makanan yang bisa membantu cara menghilangkan stress adalah :

  1. Cokelat
    kandungan senyawa endorfin yang ada di dalam cokelat bisa bereaksi baik di dalam tubuh untuk membantu meningkatkan kadar serotonin di dalam otak. Dan salah satu hormon yang bisa membuat Anda merasakan kesenangan serta kenyamanan. Senyawa endorfun berasal dari kata endogenous morphine merupakan salah satu molekul protein yang ada di dalam tubuh dengan sifatnya yang sedatif yang akan membantu mengurangi rasa sakit serta bisa memberikan efek untuk menenangkan.
  2. Buah pisang
    Buah pisang dengan warna yang kuning mengandung senyawa ajaib seperti triptofan yang mengandung asam amino di dalamnya. Asam amino ini ada di dalam tubuh yang memproduksi hormon yang akan membuat tubuh Anda menjadi lebih tenang. Selain itu, buah pisang juga mengandung vitamin B6 dan bisa membantu menjaga serta memelihara kadar gula yang ada di dalam darah. Kadar gula sangat penting sekali dalam membantu menjaga tingkat stress dalam diri Anda.
  3. Keju
    Keju bekerja mirip seperti buah pisang. Kandungan triptofan yang ada di dalam keju bisa membantu meningkatkan semangat Anda. Selain itu, keju juga mengandung kalsium yang akan membantu tuubuh bisa tidur lebih nyenyak. Tidur yang nyenyak dan juga berkualitas akan membuat tubuh menjadi lebih semangat dan menambah keceriaan.
  4. Air putih
    Salah satu penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dehidrasi dengan level yang ringan akan membuat mood atau suasana hati seseorang menjadi terganggu. Bukan hanya itu saja, ternyata dari energi dan juga fungsi mental Anda juga bisa terganggu jika mengalami kekurangan cairan di dalam tubuhnya.
  5. Buah jeruk
    Buah jeruk mengandung kandungan vitamin C yang bisa membantu mengurangi dan cara menghilangkan stress serta membantu membuat tekanan darah lebih stabil. Kandungan vitamin C yang ada di dalamnya bisa memicu produksi dari kortisol atau hormon stres yang paling utama yang ada di dalam tubuh agar bisa kembali normal setelah keadaan penuh dengan tekanan. Selain itu, vitamin C juga banyak dikenal bisa membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh seseorang, membantu memperbanyak sel-sel kekebalan tubuh dan juga menurunkan resiko masuknya virus ke dalam tubuh.
  6. Bayam
    Sayur bayam merupakan salah satu jenis makanan dalam cara menghilangkan stress. Kekurangan magnesiu di dalamnya bisa membuat seseorang mengalami migrain dan juga membuat seseorang merasa lelah. Selain itu, kandungan magnesium juga cenderung terbuang dari dalam tubuh disaat kita sedang mengalami stress dan makan satu cangkir bayam bisa membantu memnuhi sekitar 40 persen dari jumlah kebutuhan harian magnesium didalamnya. Selain itu, beberapa sayuran hijau yang lain misalnya adalah seperti sayuran brokoli juga mengandung vitamin yang akan membantu mengisi tubuh disaat tubuh sedang mengalami stress.
  7. Alpukat
    buah alpukat mengandung lemak jenuh tak tunggal serta kandungan potasium yang ada di dalamnya yang membantu menurunkan tekanan darah. Salah satu cara yang paling baik dalam membantu menurunkan tekanan darah adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung cukup kalium. Buah alpukat mempunyai kandungan kalium yang lebih banyak dibandingkan buah pisang.
  8. Susu
    Sebaiknya sebelum Anda mengonsumsi susu, carilah terlebih dahulu jenis susu yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Intinya adalah bahwa usu mempunyai kandungan antioksidan di dalamnya yang bisa membantu menghancurkan radikal bebas yang bisa memicu terjadinya stress. Anda bisa minum susu di pagi hari atau juga dimalam hari menjelang Anda tidur.

Faktor Penyebab Stress


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Stress dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Menghilangkan Stress and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>